Cara Melipat Pangsit - Teknik dan Caranya


Cara Melipat Pangsit  - Setelah mengetahui dasar-dasar melipat pangsit agar tidak bocor dan isiannya keluar. Kini saatnya kamu untuk mempelajari teknik melipat aneka bentuk pangsit. Setidaknya ada 10 bentuk pangsit yang akan kita coba. Di mana cara-cara ini mengikuti kebiasaan orang-orang tiongkok saat membuat pangsit.

Pangsit Bulan Sabit

Di antara 10 teknik melipat pangsit, tampilan yang paling umum adalah pangsit berbentuk setengah bulan. Ini adalah cara melipat pangsit paling sederhana. Karena hanya perlu meletakkan isian di tengah bungkusnya, lalu lipat dan tutup deh.


Cara melipatnya, yaitu satukan bagian tengahnya terlebih dahulu kemudian tarik sisi kanannya ke tengah hingga membentuk segitiga. Salah satu dari ujung segitiga tersebut lalu dilipat ke tengah, sebagaimana kamu sering melipat kado. Sementara itu ujung segitiga lainnya biarkan saja, agar membentuk bulan sabit yang melengkung. 

lakukan hal serupa untuk sisi kirinya. Buat agar bentuk pangsit melengkung ke bagian dalam.

Bentuk Pastel Berkerut

Sebenarnya belum diketahui apa nama pasti untuk bentuk pangsit yang seperti ini. Namun, dari cara pembuatannya di awal mirip seperti pastel. Di mana setelah kulit pangsit diberi isian dan ditaburi bawang goreng (jika suka), kulit kemudian ditutup. Masing-masing pinggirannya ditekan tekan agar tidak ada celah ke dalam isian. 


Setelah tertutup rapi dan menyerupai pastel lokal, kedua bagian ujungnya kemudian ditarik ke dalam dan disatukan. Tekan sejenak agar menempel satu sama lain dan selesai. Bentuknya bulat, berbentuk bunga mengkerut.

Bentuk Pastel Daun

Cara melipat pangsit yang ketiga yaitu membuatnya menyerupai daun. Untuk melipat pangsit dengan cara ini diperlukan sedikit keuletan dan kesabaran. Karena kamu harus melipat kulit pangsit sedikit demi sedikit seperti sedang merempel rok sekolah. 


Caranya: letakkan kulit pangsit yang sudah diberi isian di antara jari telunjuk dan ibu jari. Setelah itu dorong ujungnya dengan telunjuk agar masuk ke tengah. Lalu apit sisi ujungnya hingga menempel. Lakukan secara berulang hingga semuanya terlipat seperti gambar.

Pangsit Segitiga

Cara melipat kulit pangsit ini tak beda jauh dengan sebelum-sebelumnya, hanya saja bentuknya kita buat menjadi segitiga. Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu rapatkan setengah ujungnya terlebih dahulu. Kemudian sisanya tarik ke tengah hingga membentuk tiga sudut. Setelah itu rekatkan agar tidak ada celah yang membuat isiannya keluar.



Gambar lainnya dari bentuk pangsit dapat kamu lihat di bawah ini.


Sumber Gambar: redhousespice.com

Ada cukup banyak teknik yang sulit dijelaskan dengan kata-kata saja. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membuat lipatan pangsit dengan memperhatikan detail gambar. Informasi lebih lengkap untuk melihat tata cara membuatnya bisa kamu lihat di channel youtube red house spice.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

0813-8838-3590 Nion Nion, Produsen Bawang Goreng Bandung

0813-8838-3590 (WA) | Jual Bawang Goreng Renyah Kepulauan Riau

Anti Meleyot! Begini Cara Membuat Kentang Goreng Yang Renyah