Cara Membuat Telur Dadar Padang Yang Tebal dan Tidak Kempes

 

Nion nion – Memasak telur dadar dan olahan telur lainnya memang tidak ada bosannya. Rasanya yang enak dan cara membuatnya yang praktis membuat menu makan ini digemari. Memang tak salah lagi, telur adalah salah satu bahan makanan yang enak bahkan dibuat dalam sajian apapun.

Salah satu sajian telur yang tak kalah enak dan mengundag decak penasaran soal resep rahasaianya adalah telur dadar padang. Seperti yang kalian pernah temui saat membeli nasi padang, telur dadar buatan mereka tampak tebal dan tiak kempes. Siapapun yang pernah memakannya pasti setuju bahawa cukup memuaskan memakan telur dadar tersebut. Meskipun irisannya tidak besar, namun karena bentuknya yang tebal dan padat, rasanya cukup mengenyangkan.

Daripada hanya penasaran dengan resepnya. Lebih baik kita tiru cara membuat telur dadar padang yang tebal dan tidak kempes tersebut di rumah. Dijamin jadi menu baru yang amat diburu keluarga. Yuk siap-siap masak seru hari ini!

Bumbu halus:

  • 2 buah cabe merah
  • 7 buah cabai keriting
  • 9 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih ukuran sedang

Bahan-bahan

  • 8 butir telur ayam
  • 2 batang daun bawang
  • 1 sdm bawang goreng
  • ½ buah bawang bombay
  • 5 lembar daun jeruk
  • 1 sdm tepung terigu
  • ¾ sdt garam, ¼ sdt gula putih, 2 sdt kaldu jamur, dan sedikit merica

Cara Memasak Telur Dadar Padang


  1. Potong-potong dan blender semua bahan yang akan dijadikan bumbu halus
  2. Iris halus daun bawang dan bawang Bombay kemudian simpan di wadah yang berbeda
  3. Iris tipis-tipis juga daun jeruk. Namun sebelum diiris, bagian batang daunnya sebaiknya dibuang terlebih dahulu.
  4. Langkah selanjutnya yaitu menumis bumbu halus hingga matang dan harum. Jangan lupa masukkan bertahap irisan bawang bombay, sedikit garam, dan daun jeruk ke dalam tumisan bumbu halus.
  5. Masak hingga matang lalu sisihkan dahulu
  6. Berikutnya, siapkan wadah yang cekung. Pecahkan 8 butir telur ke dalamnya, taburkan garam, kaldu jamur, merica, dan gula. Kemudian kocok hingga berbusa dan tambahkan tepung terigu. Lalu kocok kembali hingga rata.
  7. Masukkan bumbu halus yang telah kita tumis ke dalam adonan telur. Begitu pula dengan daun bawang dan bawang goreng. Kemudian aduk rata menggunakan pengocok telur.
  8. Sebelum telur mulai didadar, agar rasanya pas dan tidak kekurangan bumbu. Cobalah untuk memasaknya dulu sedikit kemudian koreksi rasanya. Jika kurang garam, tambahkan agar rasanya pas.
  9. Kemudian siapkan wajan dan panaskan minyak goreng secukupnya. Setelah minyak tampak panas, tuang seluruh adonan ke dalamnya. Diamkan sejenak

Agar telur tidak gosong sebagian, rajinlah mengecek bagian bawah telur. Jika tampak sudah matang siap-siap untuk membaliknya dengan cara menaruh piring datar atau tutup di atas wajan teflon yang kita gunakan. Tumpahkan telur ke piring dan kembalikan secara terbalik pada wajan. Tunggu hingga kedua sisi matang sempurna.

Jika sudah matang, silahkan angkat dan tiriskan sejenak. telur dadar padang sudah selesai dibuat. Kamu bisa melihat hasilnya telur dadar padat dan tidak kempes. Rasanya juga sangat gurih dan wangi. Karena di dalamnya ada daun bawang dan bawang goreng yang telah kita padukan.

Oleh karena itu, saat membuat sajian telur goreng sebaiknya kamu menambahkan bawang merah goreng. Sekarang tak perlu membuatnya sendiri, sudah ada produsen bawang goreng Nion nion yang menyajikannya bawang goreng siap saji untuk kamu. Memasak jadi lebih mudah.

Selamat mencoba!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Mashed Potato Untuk Diet

Pencinta Nasi Uduk Wajib Tahu Asal Usulnya

Menguak Sejarah Soto, Benarkah Plagiat Dari China?